Keracunan Gas

Keracunan Gas dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, karena berbentuk gas maka sangat sudah untuk dideteksi. Salah satu keracunan gas yang paling berbahaya adalah keracunan gas karbon monoksida atau CO. Gas ini mempunyai sifat tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Jadi jika terjadi kebocoran gas, sangat susah dideteksi.

Keracunan Gas

Jika kita sering berinteraksi dengan gas, maka kita harus memaham sifat gas tersebut agar kita bisa terhindar dari keracunan atau setidaknya bisa melakukan tindakan pencegahan dini jika terjadi kebocoran gas atau keracaunan. Jenis pekerjaan yang rawan terkena keracunan gas adalah pemadam kebakaran dan pekerja proyek yang sering berinterksi dengan gas.

Keracunan gas pada awalnya terjadi tanda-tanda mual, pusing, sakit kepala, muntah, sesak nafas, nafas jadi pendek dan tersengal-sengal, pandangan jadi kabur dan jika terlalu lama menghirup gas yang beracun dapat menyebabkan kebutaan. Jika gas karbon monoksida ini dibawah tekanan atau meledak dapat menyebabkan terjadinya api, dan menghasilkan api bersuhu tinggi yang ditandai dengan warna api yang dihasilkan berwarna biru.

Tanda-tanda keracunan gas karbon monoksida adalah kuku-kuku jari dan bibir berwarna merah. Dan pada keracunan jangka panjang, dapat mengakibatkan terjadinya penyakit jantung. Keracunan gas juga dapat menyerang sistem pernafasan, sistem sirkulasi, sistem kardiovaskular, sistem saraf pusat dan sistem reproduksi. Oleh sebab itu, dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan gas, harus berhati-hati agar tidak terjadi keracunan gas.

This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s