Cara mencegah insomnia

Cara mencegah insomnia – Susah tidur dan gelisah merupakan salah satu gejala insomnia. Sebenarnya insomnia bukanlah sebuah penyakit, namun kebiasaan buruk dan bisa disembuhkan. Ciri-cirinya mata susah terpejam, tidak merasa kantuk meskipun sudah lewat tengah malam, dan seandainya tertidur biasanya sering terbangun secara tiba-tiba sehingga membuat tidur tidak nyaman.

Cara mencegah insomnia

Dengan kemauan dan tekad yang bulat pasti Anda bisa merubah kebiasaan buruk Anda. Insomnia terjadi biasanya karena stress, tuntutan kerja yang tinggi, lingkunga, makanan dan minuman, gaya hidup yang tidak sehat dan masih banyak lagi. Sebenarnya Cara mengatasi insomnia bisa dilakukan dengan cara sederhana. Berikut ini cara mencegah insomnia yang saya kutip dari dunifitnesdotcom.

  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak saat akan tidur.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Membuat lingkungan tidur senyaman mungkin.
  • Kurangi konsumsi yang bersifat stimulan seperti rokok, teh, kopi, dan alkohol.
  • Makanan ringan rendah karbohidrat dan segelas susu hangat sebelum tidur bisa mempercepat tidur Anda.
  • Mandi air hangat 30 menit sebelum tidur dapat membuat Anda rilex dan cepat tidur.
  • Berhenti menonton tv atau membaca buku satu jam sebeum tidur.
  • Menjernihkan pikiran sebelum tidur.

Jadi mari kita rubah kebiasaan buruk dengan Cara mencegah insomnia diatas. Jika dalam waktu 2 minggu masih belum ada perubahan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli. Selamat mencoba!

This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s