Cara Merawat Motor Matic Secara Maksimal

Cara merawat motor memang mutlak dibutuhkan agar motor selalu tampil prima di setiap kondisi dan keadaan. Apalagi jika motor merupakan kendaraan yang Anda gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tentu saja motor yang prima akan membantu dan menunjang segala pekerjaan yang Anda lakukan.

untuk saat ini motor matik lagi naik daun. Terbukti dengan banyak produsen sepeda motor berlomba-lomba meluncurkan produknya ke pasaran. Dengan model yang stylish dan fitur-fitur yang terbilang inovatif. Kini takhanya kamu perempuan saja yang menunggangi motor matik, laki-laki pun taksedikit menjadikan motor matik sebagai tunggangan untuk keperluan berkendaraannya.

Cara Merawat Motor

Seiring berjalannya waktu, kini populasi pengguna motor matik semakin mendominasi menyaingi motor bebek nirmatik. Untuk menjaga penampilan tentunya motor matik perlu perawatan. Berikut ini beberapa cara merawat motor matic agar selalu tampil prima.

  • Sebelum bepergian, disarankan untuk memanaskan motor matik selama 1 hingga 5 menit.
  • Saat mengendarainya, pengendara jangan terlampu sering mengubah kecepatan laju motor matik, asalnya cepat tiba-tiba mengerem atau sebaliknya. Sebab cara ekstrim seperti ini bisa mempercepat usia mesin.
  • Perhatikanlah kondisi tanki bensin, jangan seringkali membiarkan kondisi isi bensin dengan keadaan empty alias kosong. Isilah bensin secara berkala dan takperlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk arah huruf E atau Empty.
  • Gantilah oli transmisi sepeda motor dan mesin secara berkala. Untuk oli transmisi, maksimal setiap 5 ribu km. Sedangkan untuk oli mesin, gantilah setiap seribu km.
  • Cek kondisi busi dan aki dengan teratur. Sebab, dengan adanya kedua perangkat tersebut motor matik mampu bertenaga dan melaju dengan kencang. Bila diketahui sudah shock, gantilah dengan yang baru dan orisinal di bengkel resmi atau langganan pembaca.
  • Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah memeriksa secara rutin kondisi vent belt dan roller. Bila sudah taklayak gantilah dengan yang baru dan orisinal.
  • Perhatikan dengan seksama ruang transmisi, karena di ruangan transmisi terdapat sejumlah komponen yang rentan terhadap kotoran. Maka lakukanlah pembersihan secara berkala setiap 4 ribu km sekali.
  • Mengingat sepeda motor matik -pada umumnya- menggunakan single shockbreaker- gantilah oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km.

Motor matic merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan karena desain motor yang mungil sehingga dapat menerobos kesana kemari. Apakah Anda berminat dengan motor matic? Semoga cara merawat motor matic diatas bermanfaat.

This entry was posted in Otomotif. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s